the saved memory

Tips Anti Bosan Menghabiskan Akhir Pekan di Jakarta

Tips Anti Bosan Menghabiskan Akhir Pekan di Jakarta

Sebagai penduduk Jakarta yang sudah tinggal di sini (Jakarta pinggiran sih…) dari lahir, terkadang saya merasa bingung dan bosan bagaimana menghabiskan waktu akhir pekan di Jakarta. Apalagi saat akhir bulan, yang mana merupakan waktunya mengencangkan ikat pinggang dan nggak ada dana untuk liburan ke luar kota….apalagi ke luar negeri. Ujung-ujungnya paling berkumpul dengan teman-teman di shopping mal. Seru juga sih menghabiskan waktu dengan teman-teman, karena yang penting kan dengan siapanya, bukan dimananya. Ciee…. Tapi terkadang tetap ada rasa jenuh dengan hanya duduk-duduk dan kumpul-kumpul tanpa ada kegiatan. Lalu, bagaimana kita bisa menghabiskan akhir pekan di Jakarta tanpa merasa bosan?

 Tips Anti Bosan Akhir Pekan di Jakarta

  1. Kunjungi tempat yang belum pernah didatangi

Tips yang satu ini memang sangat sederhana dan mudah. Terkesan no brainer alias gak pake mikir. Tapi kalau dilihat lagi, banyak loh tempat-tempat yang kita sudah tau ada, tapi gak pernah ada niatan untuk berkunjung dan eksplor lagi tempat-tempat tersebut. Contohnya, Monas. Monas bagi warga dari luar Jakarta bisa jadi salah satu tempat yang harus dikunjungi, namun bagi warga Jakarta sendiri terkadang nggak kepikiran untuk menghabiskan waktu di Monas. Padahal di Monas kita bisa sekedar piknik atau ganti suasana ketika duduk-duduk dengan teman-teman. Selain itu, tempat lain yang layak dikunjungi juga adalah museum. Selain belajar tentang masa lalu bangsa kita, kita juga bisa keluar dari rutinitas dan mudah-mudahan tidak merasa bosan. Menariknya, Monas dan museum-museum justru tutupnya di hari Senin. Jadi, akhir pekan adalah waktu yang pas untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Pengalaman saya pribadi mengunjungi tempat yang belum pernah saya datangi di Jakarta adalah saat saya ke Mesjid Istiqlal dan Gereja Kathedral. Kebanyakan dari warga Jakarta pasti sudah pernah mendatangi, atau paling tidak melewati kedua bangunan ini. Namun, saya yang tinggalnya di ujung lain kota Jakarta tidak pernah secara khusus mendedikasikan waktu untuk berkunjung ke sana sebelumnya. Kunjungan kali itu benar-benar melepaskan pikiran saya dari rutinitas dan bahkan saya mendapat pengetahuan dari guide yang mendampingi saat saya mengunjungi Mesjid Istiqlal. Kunjungan saya hari itu pun diakhiri dengan berbelanja batik di Pasar Baru dan makan Bakmi Gang Kelinci. Benar-benar keluar dari rutinitas mengunjungi shopping mal dan serasa turis di kota sendiri! 😀

Tips Anti Bosan akhir pekan di Jakarta

Mesjid Istiqlal, Jakarta

  1. Barbeque di taman

Sebenarnya tips yang satu ini lebih kepada melakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Melakukan barbeque di taman bisa jadi salah satunya, karena saya sendiri nggak banyak melihat orang-orang yang melakukan barbeque di taman. Barbeque tidak terbatas bagi teman-teman yang vegetarian dan tidak memakan daging, bakar sayuran juga bisa kok 😛 Nah, barbeque di taman meskipun agak ribet bisa jadi usulan menarik nih untuk mengisi waktu di akhir pekan. Ajak teman-teman kamu untuk menyumbang peralatan atau makanan yang akan dibakar sehingga bisa tumbuh juga rasa kebersamaan. Sambil duduk di taman dan membakar-bakar makanan, kamu bisa juga mengisi waktu dengan keceriaan bersama teman-teman sambil bernyanyi bersama. Apabila ada yang bisa bermain gitar, bisa tambah seru lagi tuh!

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin barbeque di taman adalah memastikan bahwa di taman tersebut kegiatan barbeque diijinkan. Karena, ada beberapa taman yang memiliki peraturan berbeda dan membatasi kegiatan di taman itu. Kalau sudah datang dengan segala perlengkapan namun tidak diperbolehkan, sayang kan ? Selain itu, teman-teman harus perhatikan sampah yang dihasilkan dari kegiatan tersebut ya. Semua sampah harus dikumpulkan dan dibuang ke tempatnya, dan taman yang kita datangi harus kembali ke keadaan semula sebelum kita datang.

 tips anti bosan akhir pekan jakarta

Akhir Pekan di Taman

  1. Menjadi volunteer kegiatan sosial

Jika kita melihat sekeliling kita, ada banyak saudara-saudara kita yang butuh pertolongan. Belakangan ini, ada banyak pula berbagai kegiatan sosial yang diadakan untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung tersebut. Biasanya, dibutuhkan tenaga bantuan sukarela untuk mensukseskan kegiatan sosial tersebut. Jika kamu memiliki waktu luang di akhir pekan dan kamu mencari kegiatan yang bisa memecah rutinitas kamu, menjadi volunteer salah satu kegiatan tersebut bisa menjadi pilihan. Selain terbebas dari rutinitas untuk sementara waktu, kegiatan membantu orang lain dapat memberi kebahagiaan tersendiri. Banyak hal juga yang dapat dipelajari dengan mengikuti kegiatan sukarela dan menjadi volunteer. Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang mungkin berasal dari latar belakang yang berbeda dengan minat yang berbeda pula. Namun, hal itu hanya akan memperluas wawasan dan pola pikir kamu. Akhir pekanmu akan menjadi lebih bermakna dengan menjadi volunteer sebuah kegiatan sosial.

 tips anti bosan akhir pekan Jakarta

Volunteer membantu sesama

  1. Mengadakan garage sale

Wahh, hal ini sih menarik banget untuk dilakukan, karena kalian bisa beres-beres rumah sambal nambah uang jajan. Hal ini bisa kalian lakukan sendiri, atau kolaborasi dengan teman-teman. Seleksi barang-barang yang ada di lemari kamu, dan pisahkan barang-barang layak pakai yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Barang-barang itu bisa dibersihkan dan dijual lagi, karena hal yang kamu anggap tidak berguna belum tentu tidak berguna bagi orang lain.

Untuk seleksi barang-barang, terkadang sulit karena kita merasa sayang dan jadi tidak tega melepasnya. Lalu bagaimana? Tipsnya adalah dengan memisahkan barang-barang yang sudah lebih dari 3 bulan (atau 5 bulan, bebas kamu tentukan) tidak kamu pakai. Memang sih setelah dilihat masih banyak yang bagus jadi saying untuk melepasnya. Namun, kalau dilihat dari 3 bulan belakangan kamu tidak pernah menggunakannya, lebih baik jadi uang jajan, ya kan? Hehehe..

 tipe anti bosan akhir pekan di Jakarta

Garage Sale atau Berjualan Barang Bekas

  1. Cari aktivitas dan rekreasi di kota kamu dengan Traveloka!

Nahh, yang terakhir ini adalah tips pamungkas untuk akhir pekan yang anti bosan ! Dengan menggunakan Traveloka, kamu bisa tau aktivitas dan rekreasi yang seru di kotamu. Selain itu, Traveloka memberikan diskon yang membuat kegiatan rekreasi akhir pekanmu jadi jauh lebih murah ! Meskipun kamu hanya bisa menghabiskan akhir pekan atau liburan di dalam kota, kamu tetap bisa melakukan kegiatan rekreasi seru untuk menyegarkan pikiran. Gunakan saja aplikasi atau website Traveloka dan gunakan fitur aktivitas dan rekreasi untuk dapat menemukan kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Jakarta. Di Traveloka, kamu bisa menemukan tiket rekreasi mulai dari museum, kolam renang dengan permainan, arena permainan anak-anak dan orang dewasa, dan masih banyak lagi. Pilihan yang disajikan begitu lengkap, sehingga kamu tidak akan kehabisan pilihan kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk berekreasi di Jakarta. Pokoknya, kalau kamu bingung mau ngapain akhir pekan di Jakarta, Traveloka aja !

tips anti bosan akhir pekan jakarta

Rekreasi Dalam Kota dengan Traveloka

 

Tidak ada lagi kata bosan berakhir pekan di Jakarta

Dengan beberapa tips untuk berakhir pekan di Jakarta, semoga kamu tidak lagi mati gaya ya. Tips-tips ini bisa diaplikasikan untuk kamu yang tinggal di kota manapun. Apalagi untuk tips pamungkas, yaitu dengan menggunakan Traveloka. Di Traveloka, informasi dan tiket mengenai aktivitas dan rekreasinya lengkap dan bisa kamu tentukan sendiri lokasinya di kota apa. Selamat menikmati liburan dengan Traveloka!

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSaveSaveSave



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *